Sunday, November 6, 2011

my kanonik is done

akhirnya tahap kanonik di gereja terlewati jg, its mean D Day is closer n closer...
phew!

sebelum2nya selalu harap2 cemas sama yg namanya proses kanonik ini...
bagi yg katolik dan uda nikah, pasti uda nglewatin prosesi ini, dimana pasangan yg mo merit kudu diinterviw sama pastor, klo lolos bisa merit, kalo ngga lolos ya batal deh meritannya, hahaha
ga tau sih ada ngga yah yg gagal di tahap interviw ini...

trus katanya jg smuanya jg tergantung pastor yg interviwin kita itu
nah, gw ini -ntah hoki, ntah kaga- dapetlah jadwal kanoniknya sama si pastor kepala di gereja paroki gw.
dan smua orang setelah mendengar itu cm bisa geleng2 kepala tanda prihatin, lho kok?!

denger punya denger, katanya si pastor kepala itu orangnya yg bener2 harus sesuai aturan, dan susah diajak kompromi, pokoknya serba susah dan sulit punya deh...
mateng kan gw, untuk gw yg tingkat religiusnya dibawah batas normal ya pastilah dari awal ketahuan kanoniknya sama si pastor ini, gw deg2an sampe hari ini.
takut ditanya yg susah2, takut salah jawab,
intinya *takut batal kawin* kali ya hahhahaha
but ternyata Tuhan masih berbaik hati sama umatnya ini, biarpun gw ngga kurang taat -ga rutin ke gereja tiap minggu- tapi kanonik gw masih dibikin mulus2 aja....trus daripada ditanya2 gw lebih byk menerima wejangan2 kaya nasihat2 dari pastor, nanti abis merit kudu bgini dan bgitu, trus beliau jg sharing contoh2 pasangan yg gagal tuh kaya apa....dan mendoakan supaya gw dan pasangan jgn sampe begitu...
smuanya jauh dari kata menyeramkan...

padahal semalem uda googling sana sini, cari review orang2 yg kanonik itu ditanya apa aja
dan hasil temuan gw , mereka byk ditanya, uda brapa lama pacaran, kenapa mo merit, apa kekurangan dan kelebihan pasangan...sampe uda pernah have sex apa belum..

tapi sedikitpun gw ga ditanya soal yg pribadi, kesiapan hati gw aja ngga ditanya sama si pastor kepala..
hahay...apa muka gw uda keliatan mantep gitu ya ?
ato si pastor cukup realistis aja kali ya, kalo smua orang yg uda sampe ke tahap itu, mestinya uda siap kali ya, ngapain jg tanya2 kekurangan dan kelebihan pasangan, kalo mo merit kan harusnya uda bisa terima? trus ngapain ditanya kenapa mo merit? *ah ini mah gw aja yg sok2 menyelami pikiran pastor =p

anyway Thanks God uda melancarkan prosesi kanonik hari ini....*Hugs*

7 comments:

  1. gua dulu pas kanonik juga pertanyaannya gitu2 aja. basa basi doang. hahaha

    ReplyDelete
  2. ga pernah denger sih ada orang kanonik gagal dan sampe ga jadi nikah, krn sebenarnya si pastor hanya perantaranya Tuhan aja, semua keputusan kan di tangannya kita, kanonik itu emag kudu na di kasih wejangan2 doank :) biar jgn sampe nanti kita nikah trus bubar hingga melenceng dari agama :)
    lancar yah, sampe hari H-nya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. @ arman, iya basa basi doank, temen gw malah yg cemas berkali2 nanyain gw uda siap kanonik belum, bikin gw stress aja

    @ pitshu, soale waktu kpp diceritain kalo ada pasangan yg direject sama pastornya waktu kanonik, makanya jadi deg2an, maybe itu special case kali ya? thx ya pit, smoga smuanya lancar2 aja, gw kayanya uda mo jadi bridezilla neh :(

    @ kevin, halo halo, thanks yaaa...smoga smuanya lancar deh, amin.
    btw nice blog, tahun 90an emang banyak hal2 yg bikin kangen :)

    ReplyDelete
  6. Snoopy Green : anda terlalu memuji, saya hanya menulis apa yang saya alami di tahun 90an. Oh iya, kamsia yah sudah berkunjung ke blog saya :)

    ReplyDelete
  7. Hi Snoopy!! Somehow, kanonik itu beneran, lebih enak sama romo yang strict loh. Setelah keluar jadi berasa lebih yakin. Btw, banyak orang yang pas kanonik tuh ujungnya ga direkomendasiin sama Romo buat nikah, trus tau2 bener aja ada apa2. Makanya penting banget kanonik tuh.

    Pasti nikahnya kira2 December nanti yah atau akhir November. Good luck!!

    ReplyDelete