Wednesday, November 6, 2013

Suka duka ASI(P)

kali ini gw akan share seputar soal per-asi-an.
topiknya masih seputar dunia emak2 nih hihihi.
smoga bisa membantu para blogger yg sbntr lagi akan menjadi emak2.

gw bukanlah orang yg beruntung ketika lahiran asinya langsung muncul.
di post sblmnya kan gw uda smpet cerita dikit ya, kalo di rmh sakit itu gw uda coba nyusuin baby gwen. tapi ternyata asi gw dikit bgt,  jadinya ya gw kasi sufor sembari dimix sama nyusuin langsung.

Ini penampakan asi gw di awal2 abis lahiran. diperah pake tangan, waktu itu dapet sgini uda seneng banget


gimana bisa cover coba? sedangkan pulang dari RS aja baby Gwen minumnya uda 30-40ml.
*tarik nafas*

akhirnya apapun gw lakukan buat mendapatkan asi itu.

Minum (dan makan) yg banyak.
ya minum air putih, ya minum kuah2, apapun lah. jadinya biasanya jadwal gw nih :
jam 6 pagi : semangkok gede kacang ijo
jam 9 pagi : semangkok gede bayam dikuah bening
jam 12 siang : makan siang , biasanya ada 2 mangkok gede kuah ayam gitu. ya ayam angkak, ya ayam kunyit, ya ayam jahe, dan gw pun mabok ayam ( FYI sodara2, gw sebulan full makan ayam kampung terus)
jam 5 sore : makan malem, teteup ada semangkok gede kuah juga.
inget ya, mangkoknya yg gede. =p

selain minum, ada juga yg bilang makan yg banyak juga memperbanyak asi, gw makan jadinya uda kaya kuli. nasi yg banyak, lauk yg banyak. ( di otak gw saat itu, smakin byk makan, asi smakin byk produksi)
trus jeda waktu yg kosong itu, diisi dengan minum susu. gw sih ga batesin harus minum susu ibu menyusui, awalnya minum, tapi lama2 gw minum susu biasa aja, gpp juga.

Sayuran & suplemen pendamping lainnya.
kalo sayuran sih mutlak ini.
membantu banget.
gw juga tau dari forum2 bahasan emak2 di google.
sayuran yg gw telen itu bayem, jantung pisang (ini katanya bisa bikin asi kentel), labu muda, daun bangun2 (namanya aneh, tapi beneran ada ini, rasanya pahit), daun katuk, kailan.
dan yg paling legendaris (mengutip bahasa emak2 forum) taadaaa : JUS PARE!
selingan gw di jam 3 sore, 1 liter jus pare.
ya katanya biar ga pahit, kombine dengan 1 slice melon, ukuran abang2 tukang jualan buah, tau kan? ^^
demi kelancaran asi, gw sih ngga keberatan tiap ari minum jus itu. selama sebulan.hehhehe.
eh tapi, yg punya maag, ati2 ya, mungkin perutnya jgn kosong waktu minum ini, gw sempet kena sakit maag tuh, akhirna gw brenti d minum jus pare.

selain itu gw minum obat dari dokter juga sih, penambah dan pelancar asi, dokter gw kasi molocco, dari temen gw, dikasi Asifit, tapi kayanya ga efek buat gw. jadinya gw brenti minum. kesimpulan gw sih suplemen ini ga selalu berefek sama buat smua orang. tapi ga ada salahnya dicoba.

trus gw minum mamasoya juga, itu sejenis susu kedelai bubuk yg mengandung ekstrak daun katuk, ekstrak jintan, ekstrak apa aja lah yg buat memperlancar asi. rasanya jadinya susu kacang tapi aroma jamu , ga enak, tapi boleh dicoba, lumayan bantu sih kata gw.

gw sih belinya di olshop gtu, kayanya dulu 27rb-an trus skrg naek jadi 30rb, gw cm abisin 1 kotak, 1kotak lagi masih blm dibuka. (baca : males)


eh, byk banget yah yg uda gw telen? sekarang jujur, kalo disuruh makan dengan jadwal seperti itu, nyerah deh >.<

oh iya, yg mau asinya kental, makan durian deh, dijamin, langsung kental kaya sufor, mantep deh.
gw makan dikit doank, asinya lsg kental. dikit itu ya seporsi durian pancake doank sih.
tapi makan durennya harus setelah 3 bln kali ya. soalnya awal2 kelahiran, gw masih byk pantang makan yg aneh2.. soalnya katanya bayi jg agak rentan dalam 3 bulan pertama.
tapi ada yg ga pantang juga sih.
gw sih awalnya pantang minum air es, coklat, pedes, santen, kopi, teh. skrg uda pelan2 dicoba satu2, biar bayinya ga tralu alergian juga.

Klinik Laktasi
gw rada nyesel juga kenapa dihamil 8bln keatas ngga pergi berkunjung ke klinik laktasi.
*ya karena gw ngga tau jg sih, males browsing2 jg, dan dengan pikiran - ah nanti asi otomatis keluar sendiri kok-*
karena sbnrnya ketika bulan ke 7, kalo gw ga salah inget, bumil itu uda memproduksi asi didalam tubuhnya. dan gw ga memperhitungkan kalo asi itu bisa mampet segala, phew.
trus ternyata kalo lahiran dengan cara cesar, bisa juga bikin asinya telat keluar.
beda dgn lahiran normal, asi uda muncul pas babynya lahir. gw juga ngga tau kenapa bisa beda kaya gitu ya.

jadi kalo di bulan2 tua pas hamil ke klinik laktasi, nanti disana bakal diajarin cara massage payudara, itu katanya sih supaya nanti lebih lancar keluar asinya. dan tentunya diajarin jg gimana nyusuin bayi yg bener. dsb dsb.

gw malah perginya hari ke 13 abis lahiran, uda 2minggu gitu, ga sabaran gw, jadinya kesana , mau liat kenapa sama asi gw. apakah mandek, ato gmn.
kata susternya sih banyak kok asinya (huah, gw tadinya uda desperate, jadinya harapan timbul kembali)
oh iya, utk busui ini efek psikologis juga ngaruh loh, jadi jgn slalu bilang asi ngga ada, asi ngga banyak.
harusnya bilang, asinya banyak kok, semakin positif, smakin byklah si asi itu
- ini kata si susternya loh -

tapi, ga smua yg diajarin disana gw ikutin juga. soalnya beda anak, beda sifat,
di klinik laktasi itu ngga mengijinkan anak bayi dikasi minum pake botol dot. mereka malah lebih nganjurin kita pake cup feeder, jadi anaknya minum kaya kucing gitu, dijilat2, hehe. ato pake sendok.
biar bayi ga bingung puting.
gw sih ngliat itu ga bisa diterapin sama baby Gwen. karena dari awal juga baby Gwen ga suka nenen langsung. skali dikasi nenen langsung, doi teriak2 histeris ga mau gtu.
jadinya sekali lagi idealis gw, gw pinggirin. buat gw yg penting si bayi bisa minum asi, mau pake dot juga gw turutin.
dan gw ga brani pake cup feeder ato sendok, takut keselek. temennya temen gw ada loh, bayinya keselek, akhirnya meninggal, sedih banget ga sih? gw jadi parno juga. daripada ada kejadian yg ga diinginkan, mendingan gw cari cara teraman aja sih.

entah sugesti ato ngga, pulang dari klinik laktasi, asi gw waktu itu jadi lumayan bertambah. hihi.

Pompa sesering mungkin
katanya sih, teori asi itu adalah, smakin byk (sering) dikeluarin, semakin banyak asi berproduksi.
jadi awalnya gw mompa tiap 2 jam skali. otomatis asi akan berproduksi 2jam skali.
misal : pompa jam 8.00 - 8.30, next waktu mompa adalah 10.30
resikonya adalah, setiap 2 jam kudu duduk manis mompa, ini berlaku di tengah malem juga. dan otomatis, tidur ngga tenang. heheh.
akhirnya ga lama, gw menggeser waktu gw jadi 3 jam skali mompa, tapi ga berlangsung lama, terus bergeser jadi 4 jam skali, 6 jam skali.
sampe akhirnya gw ngantor, jadwal pompa gw adalah, jam 4pagi, jam 1 siang, dan jam 9 malem.
ga sampe sebulan, akhirnya jadwalnya bergeser lagi jadi sehari 2 x, jam 4 sore dan jam 4 subuh.

pompa asi gw pake minel alias medela mini elektrik.
harganya dulu gw beli 700 apa 800 ya, rada lupa, skitar sgitu lah. waktu bulan mei 2013 kmrn.
tadinya mau beli medela swing, tapi kemahalan n takut ga kepake, waktu itu kan masih mikirnya mau nyusuin langsung.
kalo tau gw menggantungkan nasib asi gw ke pompaan ini, gw bakal menguras kantong beli si swing kali ya.
so far sih si minel ini ya cukup membantu gw lah. biarpun berisik amat sangat kaya pompaan sanyo.
gw menghabiskan waktu skitar 45menit-1jam skali pompa, cukup makan waktu yah. gw ga tau sih, apakah busui2 lain kalo mompa jg selama itu?

nih foto perkembangan asi gw -sekali mompa- dari awal lahiran sampe sekarang :

ini waktu hampir sebulan after lahiran.


ini setelah 2 bln after lahiran.



 
bulan ketiga...
bulan ke-4 sampe skrg..

dan ini stoknya ^^
gw sangat bersyukur sih, biar pun asi datangnya telat, tapi at least bisa juga gw nyetok, dan menurut gw ini termasuk byk ya. kulkas rumah penuh, nebeng kulkas kantor, ampir penuh, trus nebeng kulkas dirumah mama jg. hihihi.
pencapaian tertinggi gw adalah sehari 1,8L. tapi itu ga lama, paling bbrp kali aja. karena kadang gw suka molor dari jadwal pompa yg sudah ditentukan.
kadang babysitter gw cuti, akibatnya gw kecapean sendiri ngurusin baby, jadinya asi menurun bahkan kadang sampe encer kaya air cucian beras.

bokap nyokap gw sih sampe stress liat gw menghabiskan hari2 gw dgn pompa asi ditangan, sampe blg, kalo asi jadi seribet itu, cukup 6 bln aja deh kasi asinya. hehehe. 
gw sendiri sih ga maksain juga harus brapa lama kasi asinya. selama masih ada asi, ya terusin aja.


eh, eh, ada yg lucu nih, kmrn gw makan blackforest cake, masa asinya jadi kaya gini coba >.<


kaya blueberry yogurt ya? gw cobain saking penasaran.rasanya asem. mungkin karena pengaruh cherry item / rhumnya. dan gw buang. gw takut aja abis minum babynya kenapa2. hehe.

kira2 begitulah kehidupan per-asi-an gw.
buat calon emak2 baru, fighting for asi ya. smoga asinya pada lancar jaya.
karena lumayan buat daya tahan tubuh si anak, jadi ga gampang sakit.
awal2 sempet si sus dan gw sakit batuk pilek cukup parah, tapi syukurnya baby Gwen ga ketuler sama skali. hehe.




8 comments:

  1. klo makan cabe banyak ASI nya pedes kali yah! wakakkaa.... thanks buat info na, jadi g kan bisa wanti2 juga nich biar enggak malas hahaha :D, tapi anak opis g udah banyak yang ngasih tau sih, cuma waktu itu g masih mikir2 berasa males enggak ada waktunya, krn sabtu kan g gawe sampe 2:30PM juga, tapi setelah baca postingan lo, kek na ga boleh males nich!

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya sih, makan apapun kan diolah dulu menjadi asi, jadi harusnya ga ngaruh. kalo makan cabe, rasanya pedes, kalo makan coklat rasanya jadi coklat donk? ya gw ga gitu percaya jg. tapi kenapa ini rasa rhum asemnya kebawa2 ya? wkwkkwkw.
      iya pit, jgn mengikuti jejak gw yg males2an ini..harus byk baca n cari info biar nanti ngga terkaget2 sendiri hehe.

      Delete
  2. ternyata habis ngelahirin masi ada perjuangan lagi ya wid, yaitu meres asi :D ga habis2 dah. Semoga tar asi gue jg lancar deh, drpd sakit kepala mesti beli sufor yg harga nya mahal itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, malah skrg menurut gw lebih enak hamil loh...anaknya ga protes waktu didlm perut..
      ho oh, fight for asi...dulu gw sufor , setiap 5hari mesti keluar duit 200rb lebih. >.<

      Delete
  3. Hi mommy Gwen3 (gwen-gwen-gwen) :p btw mau tau dong nama lo sapa.. Biar enak manggilnya... :)

    Gw lihat foto2 asi lu di atas ya iriiiiiiiii bangettt..... soalnya asi gw dr awal ga banyak, malah udah sebulan ini stop asi... Gwen2 (gwen-gwen hahaha) minumnya sufor... TT____TT

    Sekarang lagi browsing2 soal relaktasi nih... *termotivasi lihat foto asi lo yang melimpah...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai.. panggil aja widya ^^

      gw awalnya juga dikit koq...
      iya, coba pumping sesering mungkin deh, nanti bs banyak lagi, minum susu kacang jg sgt membantu koq.

      byk browsing aja, nanti bisa dapet byk info yg berguna ^^

      kayanya kalo jaga anak sendiri tuh, asi agak susah berlimpah, soalnya mommynya sendiri pasti kecapean, bbrp temen gw yg jaga anak sendiri sih asinya rada seret.

      Delete
  4. Wah, menarik juga nih ceritanya. Baru tau kalo ASI ternyata bisa dipompa dan ditaro di kulkas kayak gitu, wkwkwk. Rasanya juga beda beda tergantung apa yg kita makan ya?

    ReplyDelete
  5. Mbak mohon info klinik laktasi nya dimana??

    ReplyDelete