Sunday, April 5, 2015

[Recipe] Lumpia kukus ayam jamur

Jarang2 kan gw posting masakan, tapi belakangan gw lagi demen nyoba2 bikin sesuatu makanan yg gampil2 gtu. Dari sekian banyak yg dicoba tentunya banyakan failed dibanding berhasilnya, hahaha.
Contohnya si pudding puyo yg boleh nyontek resep epi aja masih gagal gitu gw bikinnya padahal uda coba berkali2, sampe bosen si sus ngliatin gw berkutat dengan si puyo, bosen juga harus ngabisin si puyo gagal itu, huahauahaa.

Gw juga bosen, akhirnya gw move on aja beralih ke menu laen.

Resep nyontek dari sini.
Ini resepnya gw copas langsung dari sana ya.

Bahan:
– Kulit tahu tipis  

– Fillet daging ayam (fillet bagian paha agar lebih juicy)
– Soft tofu, potong memanjang seukuran jempol
– Jamur shitake, potong tipis-tipis

Bumbu daging ayam:
– Daun bawang cincang
– Bawang putih cincang halus (optional)
– Minyak wijen
– Garam
– Lada
– Gula

Cara pembuatan:
1. Lumuri ayam dengan daun bawang, bawang putih halus, minyak wijen, garam, lada, dan gula sedikit
2. Kukus sebentar kulit tahu agar kulit tahu menjadi lemas (direndam dalam air juga bisa) -- nah ini gw pake rendem air sebentar sblm dibungkus
3. Ambil satu lembar kulit tahu, susun daging ayam, soft tofu, dan jamur, kemudian bungkus seperti cara membungkus lumpia
4. Kukus sampai matang.


Yang kali ini bukannya ngga gagal yah, gw uda pernah coba bikin bbrp tahun yg lalu dan gagal karena salah bahan coba, ish..
1.Kulit tahu tipis gw ngga nemu, ato gw yg ngga familiar ngobok2 supermarket jadinya gw pakenya kulit siomay >.<
2.Fillet paha ayam gw malah pake fillet dada, ya uda pasti beda rasa lah huahahahah. Trus malah gw tumis dulu itu ayam karena gw takut kaga mateng kalo dikukus doank.
3.Gw ngga bisa bungkus siomay kan, jadinya bentuknya aneh.
Ini kayanya sempet gw foto deh, ntar gw obok2 dulu simpen dimana foto2 itu, hihihi.

Akhirnya minggu lalu gw memberanikan diri untuk nyobain bikin, karena uda ada sedikit jiwa emak2..semua bahan uda bener, tapi masih salah2 ngebungkusnya, untung ada sus gw yg jadi mentor,  akhirnya gw bungkus ulang berdasarkan instruksi dia, hahahaha.
Karena bentuknya jelek kaya teripang mini, jadinya gw ngga foto. 
Tapi rasanya enak kok  *biarpun kebanyakan merica*, si abang hubby aja sampe komplen kenapa kedikitan, doi ngga puas makannya, hahahahah

Weekend kmrn gw bikin lagi dong. Ya biarpun bentuknya pas2an tapi uda berani lah gw pamer fotonya.





Pas mateng tinggal langsung makan aja, ngga dicocol sambel juga uda enak kok, rasanya uda pas, sus gw juga demen. Ga pake nunggu lama, abis diangkat ngga lama juga uda ludes.

Ada insiden kecil, itu kan jadinya 2 piring which is gw kudu kukus jadi 2x, kloter yg pertama uda kelar lanjut yg kedua gw maen lanjut aja, soalnya sus gw bilang airnya ga usa ditambah, cukup kok, gw jadi manut aja, pas uda mateng gw buka tutup panci, loh kenapa ada bau angus, emang kalo kukus bisa angus? *polos banget yah gw*
ternyata airnya abis sodara2, dasar panci gw jadi item gosong sempurna, untung aja kukusnya ngga pake lama dan ditinggal2, dan ternyata biang keroknya adalah gw pake api standar, yg paling gede brati, ngga pake gw kecilin, *maklum yeh, amatiran nih*


12 comments:

  1. Digoreng kyknya enak tuh wid, kulitnya jd crispy2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mungkin laen kali boleh coba gw goreng pi, gw masih cari aman bikin yg kukus2an, secara gw agak2 serem sama yg berbau2 gorengan
      *minyaknya kayanya ga afdol kalo ngga muncratin gw, hih*
      *alibi, bilang aja ga bisa masak*

      Delete
  2. Kayaknya kita senasib deh ci, sama2 ga bisa masak. Aku kalo dah bs bikin resep itu aja prestasi banget kayaknya hahaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dulu donkk...

      eh tapi yang ini gampang loh, coba bikin deh
      *songong banget gw - minta ditimpuk dandang kukusan* =D

      Delete
  3. Wahhhh kudu dicoba nih ci...
    itu ayam ndk perlu pake dicincang ya ci? cukup di iris aja?

    ReplyDelete
  4. wah.. boleh bikin nih.. mudah juga ya.. :D nanti gua buat 2 versi akh. goreng dan kukus *kalo gak males* ahahaha

    ReplyDelete
  5. Hai ! :) ,,, ini pertama kunjungan saya ke blog Anda, artikel ini yang sudah saya baca dan cukup memberi inspirasi dan wawasan, terimakasih atas postingannya dan ditunggu update-an berikutnya :)

    Oiya saya dari www.campaign.com sebuah platform kompetisi dimana banyak sekali hadiahnya kalo kamu mau mampir dan mencoba peruntungan untuk hadiahnya silahkan saja, buruan yaa soalnya banyak hadiahnyaaa :D

    www.campaign.com

    ReplyDelete
  6. gua pernah bikin lumpia pake kulit tahu model gitu, sempet dicoba kukus satu biji tapi jadinya ga cantik wahahahahaha... akhirnya digoreng deh hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. u kukus cuman 1 biji aja mel? huahauahauaha.
      iya gw mau coba kalo digoreng ini gmn hasilnya..
      #tapi masih takut cipratan minyak

      Delete
  7. wah di daerah saya juga ada yang jual yang gitu tapi gapernah bikin sendiri :)

    ReplyDelete