Monday, November 10, 2014

De Quarvain syndrome

Jadi ketika kehamilan gw menginjak usia 5bln keatas, kalo gw ga salah inget ya...pokoknya dipertengahan kehamilan gitu... tiba2 suatu pagi gw bangun dengan pergelangan tangan kiri sakit nyeri dan kesemutan...

Gw mikirnya mungkin itu akibat gw tidur trus nindih tangan gw kelamaan. Tapi rasanya kok sakit banget, sampe dikantor dibantu diurutin temen2 gw. Mendingan. Abis itu sakit lagi. Nah karena sedang hamil gw pernah denger kalo bumil itu ga boleh diurut, gw ga brani lah ngurut2, tapi akhirnya karena ga tahan, gw pergi juga diurut sama embah2 kenalan temen gw. abis diurut mendingan, tapi abis itu ya sama lagi...

Gw konsul ke obgyn, katanya bawaan hamil.
Ya sudahlah, gw juga ga cari tau lagi..gw biarin aja sampe akhirnya lahiran dan gw jadi panik sendiri gimana gw gendong anak dengan pergelangan tangan nyeri2 begitu.

Akhirnya ketika gw uda masuk ke bulan ke 4 abis lahiran akhirnya gw ke dokter, awalnya ke dokter umum dulu karena gw ga tau kenapa tangan gw sakit, malah dipikiran gw jangan2 tulangnya bergeser...jadinya gw minta di rontgen. Ternyata hasilnya tangan gw baik2 aja, cuma agak sedikit bengkak, setelah cek sana sini akhirnya dia bilang gw kena de quarvain.
Intinya itu adalah salah satu cidera pada otot pergelangan tangan, dan ini juga sering terjadi pada wanita hamil dan gamer, apalagi suka maen hp. **Gw banget donks**
Gw langsung flashback. Selama hamil gw suka tiduran sambil main tab, pake sambil tiduran segala, sehingga hanya 1 tangan yg ketiban beratnya si tab itu. ya gara2 lagi hits mainin si candy crush itu lah, wkwkwkkww. 


De Quervain syndrome (French pronunciation: ​[də kɛʁvɛ̃]; also known as BlackBerry thumb, gamer's thumb, washerwoman's sprain, radial styloid tenosynovitis, de Quervain disease, de Quervain's tenosynovitis, de Quervain's stenosing tenosynovitis, mother's wrist, or mommy thumb), is a tenosynovitis of the sheath or tunnel that surrounds two tendons that control movement of the thumb. (sumber : wikipedia 

 
De Quervain Syndrome adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada tendo-tendo dari m. Abductor pollicis longus dan m. Extensor pollicis brevis yang bersama-sama ke satu selubung tendo. Beberapa penyebab De Quervain Syndrome adalah idiopatik atau tidak diketahui, tetapi penggunaan sendi yang berlebihan atau overuse (terutama pada ibu jari) sering memunculkan De Quervain Syndrome.
Kebanyakan penyebab lain adalah pemakaian otot yang berlebihan, umumnya terjadi di sekitar pergelangan tangan, misalnya terlalu banyak menulis, mengetik, pekerjaan merakit, dan sebagainya dapat memicu peradangan.
Gejala dan keluhan yang dapat ditimbulkan oleh sindrom ini antara lain rasa nyeri saat menggerakkan pergelangan tangan, timbul bengkak sekitar pergelangan tangan, spasme m. abductor pollicis longus dan m. extensor pollicis brevis, serta adanya nyeri tekan sekitar processus styloideus radii. Kalau di lihat dari segi anatomis, tangan, pergelangan tangan dan jari merupakan bagian dari ekstremitas atas yang mudah sekali terkena injury. Salah satu gangguan yang sering terjadi yaitu adanya cidera pada m.abductor pollicis longus dan m. extensor pollicis brevis karena mengalami gangguan gerak pada ibu jarinya atau yang disebut dengan ”De Quervain Syndrome”. De Quervain Syndrome terjadi pada kebanyakan wanita usia 40-50tahun. Jika anda mengalami hal ini, segera untuk konsultasikan kepada dokter bedah tulang setempat.
(sumber dari sini)

**gile dibilangnya terjadi pada kebanyakan wanita usia 40-50 tahun, errrrr..... umur gw baru brapa ini?! >.<''


sakitnya tuh disini *nunjuk arah panah* 
(gambar diambil dari sini)


Dokter akan tes bengkokin tangan dengan cara begini untuk tau De quarvain ato bukan. Dan rasanya donkkk, sakitnya uuhh lebih2 dari sakit hati.. percayalah.
Gambar dari sini

Akhirnya sama dokter umum itu gw direfer ke dokter spesialis bedah tulang, dan akhirnya gw disuntik, dan taraa....langsung enteng tangan gw, ihihihihi. kenapa juga gw dong-dong banget ya, jaman canggih gini bukannya cari tau sakit apa, malah dipiara berbulan2.

Tapi oh tapi, sakitnya ga langsung ilang bgitu saja, tingkatan sakitnya emang berkurang, tapi masih rasanya ngga enak gitu lah, ngilu2 pegel2 gaje. 5-6 bulan kemudian gw balik lagi ke dokter itu, dokternya bilang karena gw sakit ini uda tralu lama dibiarin, otomatis ga mungkin bisa ilang dalam sekejap, kali ini gw dikasi minum obat aja karena kan gw uda brenti kasi ASI juga. kunjungan yg pertama kemarin ngga dikasi obat karena pertimbangannya gw masih kasi ASI. Akhirnya gw minta disuntik lagi, sebenernya dokternya enggan gitu, cuma akhirnya dia bilang ini trakir kalinya dia kasi suntikan. Obat anti sakitnya sendiri bekerja dengan baik utk mengatasi sakit, tapi efeknya buruk utk lambung gw, akhirnya gw kena maag parah. Padahal minumnya juga abis makan siang yg kenyang.
Dalam case yg parah ketika obat dan suntikan ga bisa membantu maka harus dioperasi, tapi dalam hal ini dokternya bilang gw belum perlu sampai harus dioperasi. Padahal gw malah tersugesti kalo operasi malah lebih cepet sembuh (kali).

Oh iya, gw kan akhirnya jadi sering searching dan ketemu kalo di youtube orang yg sakit ginian yang ke dokter dan fisioterapi bahkan sampe akupunktur segala dan ga sembuh2, akhirnya mereka sembuhnya karena minum glukosamin & khondoritin bla bla bla, suplemen gitu. gw langsung mupeng kan trus konfirm ke dokter, apakah gw juga harus minum itu, tapi dokter bilang ga usah, itu harusnya emak gw yg minum katanya, gw belum perlu, jadinya gw ga beli deh. Padahal gw agak2 penasaran juga sih, apakah kalo minum itu gw bisa lsg ilang ga sakitnya #kepengen instan.

Akhirnya karena sakitnya uda ga parah, ya uda gw biarin aja, sampai kejadian bulan Agustus kmrn, suster gw kudu pulang kampung 2minggu, bapaknya sakit, gw jadinya urus Gwen sendiri...sementara Gwen kan uda tumbuh besar dan bongsor, jadinya mungkin tangan gw terbebani lumayan berat pas gendong2 Gwen, akhirnya sakitnya kambuh lagi, bukan nyeri yaaa, pegel2 yg dilipet salah dilurusin salah, diurut salah, diapain juga salah, sampe senewen gue, akhirnya pulang kerja gw langsung mampir ke RS buat fisioterapi.
  
Setelah konsul sama dokter, dan diagnosanya masih sama, cidera otot, tapi kali ini De quarvain itu uda sembuh, jadi pegel2 yg gw rasakan karena ototnya kaku akibat sakit kelamaan.
Gw harus menjalani 6x terapi, setiap kali terapi ada 3x treatment, 1x ultrasound - rasanya anget2 gitu, 1x massage, 1x di TENS, kaya dialirin listrik gitu untuk menghilangkan rasa sakit.

rasanya kaya disetrum, tapi selesai treatment enak banget, sakitnya ilang.


 Harusnya kan seminggu 2-3x kunjungan, tapi gw bandel juga, abis 2x treatment uda mendingan jauh -biarpun belum 100% sembuh- akhirnya gw jadinya males2an deh kesana, hihihi. Harusnya dalam 2minggu uda kelar, tapi gw molor2 sampe ampir 3 bulan...yang akhirnya minggu lalu baru kelar. Fiuh. Terapistnya bilang kalo gw uda pernah kena de quarvain pasti ada kemungkinan nol koma sekian persen utk kambuh lagi, aduh kok serem..Makanya dia bilang untuk menghindari itu harus sering2 streching seperti yg dia ajarin *dan gw tetep males2an streching kalo dirumah*


Perjalanan tangan sakit ini memakan waktu 2 tahunan, ga brasa yah...Tapi bersyukur juga akhirnya bisa diobatin. Semoga jangan pernah kambuh lagi, dan sekarang gw jadi berhati2 utk tiduran main game di hp, walau kadang2 masih suka kebablasan, hehhee.


9 comments:

  1. Gue tuh percaya banget kalo fisioterapi teratur akan menyembuhkan elu secara total. Gue kalau keseleo atau apapun, pasti pilih ke fisio daripada ke tukang urut terkenal sekalipun. Ayo elu hrs rajin ya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih Le, daku berjanji akan rajin...thanks ya ^^

      Delete
  2. gw jg pernah sakit gak bisa angkat tangan. udah 3 kali ke tukang urut berbeda tetep gak sembuh malah biru2 doang. Akhirnya setelah RAJIN fisiotherapi baru deh sembuh walopun blom total. Awal2 fisionya bolong2, jd gak sembuh. Setelah gw rajinin baru sembuh :p GWS yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. u jadinya fisio brapa kali totalnya Mel?

      Delete
    2. Mba tp di pergelangn tangan gt ad ky nonjol gt ga

      Delete
  3. cepet sembuh yaa. ayooo jangan bolong2 fisioterapynya.. :)

    ReplyDelete