Monday, February 17, 2014

balada sus

akhirnya gw menyempatkan cerita2 soal si sus, terinspirasi dari blognya si nilola24 yang waktu itu bahas soal babysitter
buat gw sus ini adalah orang yang paling berjasa semenjak gwen lahir sampe saat ini. dan sampe saat ini masih the one n only sih. belum ganti2 and klo bisa jangan sampe ganti2 dehhehehhe.

nemu si sus ini juga ga sengaja , waktu hamil bulan ke 6 apa 7 gitu kan emang uda lagi nyari2 info soal yayasan dan sus, cuma waktu itu uda mau lebaran jadinya dimana2 kosong. agak hopeless sih.
trus waktu jalan2 nyari lemari baju gwen, ketemulah sama temennya si hubby, cerita2 akhirnya gw nanya ada referensi babysitter ga, karena kan dia anaknya uda setahun lebih gtu.
ternyata dia bilang ada, bekas sus dia, uda brenti soalnya bapaknya sakit dikampung. dan selama kerja sama dia semua bagus, fine aja. akhirnya kita cobalah contact dan ketemuan. gayung bersambut, dan mulailah sus kerja sehari setelah gwen pulang dari rs.

oh iya, karena susnya uda ga terikat yayasan, gw jadinya ga kena biaya admin ato uang jaminan ato fee apapun lah. dan ga ada batasan kerjaan yg ini boleh, itu ga boleh. gw juga ga mengharuskan dia kudu pake seragam ato gimana, senyamannya aja.
awalnya malah dia bantu cuci nyapu ngepel masak sampe nyetrika. all in one. padahal gw sih ga nyuruh kerja juga cuman dia kayanya ga betah aja, kotor dikit uda dibersih2in.
sampe gwen 2 bulan kayanya, gw uda mulai nyari mbak cuci dan bersih2 rumah, soalnya gwen kan uda tambah gede dan rempong, jadinya gw maunya si sus ga tralu cape ngurusin yg lain2 , cuma fokus ke gwen aja.

ngakunya cuma bisa masak simple aja. nyatanya, just say it, apapun dia bisa, maklum doi bekas orang kerja di catering. huahahaa. daku senang bukan maen. sus ini masak ga pake msg jadinya pas 3bulan cuti dirumah gw makan sangat sehat. dan anehnya ga pake msg kok bisa enak gitu ya? even emak gw aja masak masih aja pake msg walo dikit.

kalo kinerjanya sih, sejauh gw liat, dia sayang sama gwen, bando yang dipake gwen itu rata2 dia yang beli. coba aja kalo perhatiin fotonya gwen deh. xixixix.
trus cukup perhatian jg , ngga ngasal. klo gw biasanya jarang ganti baju gwen klo siang, kecuali emang kalo kotor karena gumoh ato makanan. nah si sus ini kotor dikit uda ganti, klo gwen keringetan dilap jadi biar wangi terus. gw emaknya malah lebih cuex. hahaha. jadinya si gwen malah lebih terawat kalo lagi ada sus ketimbang waktu dia cuti. emak macem apa gw ini!
for example, gwen ga pernah kena ruam2 popok, tapi waktu sus pulang malah pantat dia merah2 kena ruam, gara2 emaknya popoknya kelamaan dipake, telat diganti. hadeh.
another example, waktu gwen sakit kemarin, malah sus yang nyaranin jgn langsung kasi obat, biar ga ketergantungan, dia rela gwen rewel ketimbang lsg kasi obat.
contoh laen lagi, kalo gwen dirumah gw yang urus, bakalan gw kasi baju kutung/singlet sama celana pendek. kalo sama sus, tiap abis mandi dipakein dress, alesannya daripada ga dipake sayang bentar lagi ga muat. lah kalo kata gw, ga pergi2 ngapain juga pake baju cakep2, hahaha.

orangnya berinisiatif tinggi, jadi ga perlu disuruh dia uda lakukan dulu. jadi ga perlu dibawelin.
mungkin karena dia juga uda berumur dan berpengalaman juga, dari ceritanya sih uda ada 7anak yg pernah dia handle sebelumnya.
waktu gwen masih 3 bulan pertama kan jadwal tidurnya masih ancur2an tuh, pas bulan pertama, stiap sus mau sahur *waktu itu bulan puasa ceritanya* si gwen pasti bangun n nangis, sementara gw tidur kaya kebo  jadinya si sus kudu gendong2 gwen dulu sampe tidur lagi baru dia pergi sahur, kadang ga keburu masak byk akhirnya sahurnya cuma sama indomie doank.
jadi uda bisa dipastikan 3bulan pertama susnya juga sengsara jarang tidur, orang2 bykan babynya tidur sama mamanya, ini gwen tidur sama sus. 2bulan pertama kita tidur bertiga, sus, gwen, dan gw. papi gwen ngungsi, hehehe.
awalnya sih maunya gwen tidur sama gw. karena gwen ga mau nenen langsung jadinya sus nawarin kalo gwen tidur sama dia aja, soalnya kalo sama gw juga ttp aja pake botol kan. (mungkin si sus ngrasa kalo sama gw malah gwen nanti terlantar dan kelaparan huahahaha. gw bangun kok kalo gwen nangis, tapi ya setelah bbrp saat lah hehe)

sounds perfect yah? ho oh, kecuali satu hal, ini sus cuti setiap 2minggu sekali. ya karena dia ada rumah di jakarta, jadinya 2minggu skali pulang buat ngurusin rumahnya bentar.
waktu interview sih gw fine aja, mikirnya ya udalah orang juga ada jenuhnya kali urus anak baby. jadi ga ada salahnya pulang dua minggu sekali.
tapi kenyataannya karena urus gwen ga semudah urus baby2 pada umumnya (ini berdasarkan riset kecil antara gw dan bbrp anak2nya temen gw) jadilah gw rempong bener kalo ditinggal pulang sus.
2minggu itu rasanya cepet bener, tau2 kok uda mau pulang lagi?
biasanya pulang sabtu pagi, minggu malem dateng, prakteknya jumat malem pulang, senen pagi dateng.
ini belum termasuk dia cuti pulang kampung karena ada sodaranya merit, dia kudu pulang ke rmh sbntr karena ponakannya jatoh masuk rumah sakit, kadang dateng telat karena ada tetangganya sakit/meninggal, ato bus yg dia naekin itu nabrak, trus pernah rumahnya ketiban pohon waktu ujan gede, smua alesannya tuh bikin gw merasa, haduh sus gw ini kok malang bener nasibnya yah? biarpun yaa gw sih ga pernah bisa percaya penuh sama alesannya dia.
trus yang teranyar nih kemaren dia pulang kampung (again!! twice in this 7months) karena mau akikahan cucunya yang ke 2. which is gw jadinya kudu ambil cuti 2 hari, tapi gmn mau marah coba , pas dateng si sus bawain gwen oleh2 baju batik 3 setel .. (makk, aku di sogok makk)

kadang sebel banget deh bo. keki berat. tapi pas ngliat perlakuan dia ke gwen ya, gw mending  ngalah deh. baca sana sini, denger cerita kanan kiri soal babysitter yang jahat bikin gw galaw juga kalo gw sampe ganti sus dan ternyata dapet gantinya yang horor kaya gitu, gimana?
jadi sementara ini ya sabar2 aja sih.
kalo gw dan hubby kerja, gwen biasanya tinggal berdua doank dirumah sama sus. so far so good dan karena sama temen hubby sebelumnya juga mereka uda biasa kerja dan ninggalin anak dirumah sama susnya. ini jadi satu pertimbangan gw juga, kalo sampe ganti sus, gw rasa gw ga brani tuh ninggalin gwen dirumah sendirian.

oh iya sus gw ini ga rakus dalam hal makanan, kan sering tuh denger cerita orang2 kalo babysitternya suka nilepin makanan dikulkas, ato cemilan babynya, ato apalah, nah sus ini malah orang yg irit kalo makan, sehari masa makan cuman sekali ,siang doank. pagi sarapan sih tapi kadang ngga juga. tapi yg pasti kalo malem dia ga makan. alhasil dia emang jauh lebih langsing dibanding sama majikannya >.< haisssss.
jadinya kadang gw suka maksa dia makan ato abisin makanan yg dengan sengaja gw sisain biar dia makan hehe.

temen gw sih yg ngedenger sus ini suka pulang, gw disuruh potong gajinya aja jika ada kepulangan yg tidak sesuai perjanjian, cuman gw ga tega sih. karena klo secara kerja dia cukup total ya dan duit yg dipotong ga seberapa daripada ujungnya jadi ga enak dan dia jadi ga betah ato gmn, akhirnya gw mutusin ga perlu aja deh acara potong memotong itu.
ngomong2 duit sih si sus ini termasuk bukan yg matre. malah kadang dia terkesan ga butuh duit. selain jadi sus sampingan dia juga banyak, jadinya dia mendingan milih ambil hak cuti dia pulang kerumah ketiban dibyr ga usa pulang.

kira2 bgitu deh cerita seputaran tentang sus gw...
bagaimana pengalaman ttg sus kalian?

4 comments:

  1. waahh sus lo kok kayaknya sus idaman banget yaa. gpp deh cuti bbrp hari yg penting kalo di rumah dia total kerjanya. Byk loh sus yg itungan, gak mo ngerjain hal2 yg bukan kerjaan dia, boro2 mau masak. Kalo nemu yg baik gitu harus lo sayang2 tuh haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gw berusaha bikin dia betah makanya jadinya gw lbh byk ngalah sih (sbnrnya yg majikan siapa skrg >.<)

      Delete
  2. woh cici hoki banget dapet sus kayak dia, jaman sekarang ini pembantu / baby sitter biasanya suka itungan gitu sih. aku dulu juga jadi "korban" baby sitter nih, karena sus cuma suka nonton tivi dan jarang diajakin main, akhirnya aku baru bisa ngomong umur 3 taun, nyokap berhenti kerja buat ngurusin aku doang jadinya baru bisa ngomong. :'''''''')

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp telat ngomong tapinya skrg kan bawel banget *peace* hehehehe

      Delete